Jumat, 10 Januari 2014

makalah Pemahaman Sosial Masyarakat Tercermin Pada Prilaku Mahasiswa di Kampus

Mata Kuliah  :  Ilmu Sosial Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Makalah/Tulisan

PEMAHAMAN SOSIAL MASYARAKAT
TERCERMIN PADA PERILAKU MAHASISWA DI KAMPUS

 



Kelas  :  1-KA28

Tanggal Penyerahan Makalah : 11 Januari 2014
Tanggal Upload Makalah  :  12 Januari 2014


 


P E R N Y A T A A N

Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.




P e n y u s u n



N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
11113245
ARDIANSYAH








Program Sarjana Sistem Informasi


UNIVERSITAS GUNADARMA


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya sehingga saya berhasi menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya, yan berjudul “PEMAHAMAN SOSIAL MASYARAKAT TERCERMIN PADA PRILAKU MAHASISWA DI KAMPUS”.

Makalah ini berisikan hal-hal yang berkaitan tentang pemahaman sosial masyarakat yang mencerminkan prilaku mahasiswa di kampus, yang lebih khususnya membahas kelemahan,kekuatan, tantangan / hambatan serta peluang terjadinya  masalah sosial tersebut.

Saya menyadari bahwa makaklah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karna itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan kesempurnaan makalah ini

Akhir kata saya ucapkan  terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita, Amin


DAFTAR ISI
COVER JUDUL .............................................................................................................. i
KATA PENGANTAR...................................................................................................... ii
DATAR ISI........................................................................................................................ iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG................................................................................................. 1
1.2. TUJUAN...................................................................................................................... 2
1.3. SASARAN................................................................................................................... 2
BAB II PERMASALAHAN
2.1. KEKUATAN............................................................................................................... 3
2.2. KELEMAHAN............................................................................................................ 3
2.3. PELUANG................................................................................................................... 4
2.4. TANTANGAN............................................................................................................ 4
BAB III PENUTUP
3.1. KESIMPULAN........................................................................................................... 5
3.2. REKOMENDASI........................................................................................................ 5

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang


Menegakkan sikap disiplin dalam diri remaja khususnya mahasiswa pada pelaksanaannya ternyata bukanlah hal yang mudah. Aturan demi aturan dikeluarkan, akan tetapi sikap disiplin diantara para mahasiswa selalu gagal ditegakkan.  Ketidak disiplinan mahasiswa merupakan gejala yang mengkhawatirkan banyak pihak, terutama bagi kalangan dosen dan masyarakat.
Salah satu contoh pelanggaran disiplin yang dilakukan mahasiswa di dalam perkuliahan adalah tidur disaat dosen sedang memberikan materi. Tidak mengumpulkan tugas tepat pada waktunya. Sebagai calon pendidik, mahasiswa tentunya tidak boleh melakukan perilaku negative tersebut. Sebagai kader pemimpin bangsa yang diharapkan oleh Bangsa serta Negara, mahasiswa kelak akan menjadi contoh atau panutan di dalam lingkungan sekitar dimanapun mereka berada.
Pada pelaksanaannya tidak sedikit mahasiswa yang masih suka mengobrol di kelas atau tidur disaat dosen sedang memberikan materi. Perilaku negative ini tentu harus dihindari atau bahkan  dihilangkan dari setiap mahasiswa.
Pada makalah ini akan diuraikan beberapa perilaku-perilaku yang positif yang perlu dimiliki oleh mahasiswa dan cara meningkatkannya. Selain itu juga akan dibahas beberapa perilaku negative yang harus dihindari oleh mahasiswa serta cara meminimalisasinya agar  mahasiswa  dapat disiplin, dewasa, menjaga ketertiban dimanapun mereka berada dan tidak berprilaku negative disaat perkuliahan berlangsung maupun ketika sedang berada di sekitar masyarakat luas.
1.2    Tujuan
Adapun tujuan dari penulisa makalah ini adalah sebagai berikut.
  1. Untuk mengetahui setiap karakter individu mahasiswa di kampus.
  2. Untuk mengetahui tentang pemahaman sosial masyarakat pada prilaku mahasiswa di kampus.
  3. Untuk mengetahui dampak-dampak yang terjadi sebagai akibat pencerminan prilaku mahasiswa di kampus.

1.3    Sasaran
Sasaran yang di tunjukan untuk poko materi yang dibahas dalam materi ini yaitu semua masyarakat atau orang-orang untuk pemahaman sosial pada prilaku mahasiswa dan para mahasiswa.


BAB II
PERMASALAHAN

2.1  Strength (Kekuatan)
  1.  Ilmu: Mahasiswa mempunyai kesempatan untuk mempelajari dan menyebarkan ilmu yang didapatkan untuk masyarakat luas.
  2. Memberantas kebodohan: Mahasiswa turut serta memberantas kebodohan di masyarakat.
  3. Tuntunan moral: Mahasiswa sudah menjadi tuntunan moral intelektual di masyarakat, karena mereka sudah diajarkan untu berintelektual dari awal.
  4. Pembangunan: Mahasiswa turut serta dalam proses pembangunan dan pergerakan untuk masyarakat luas.


2.2  Weakness (Kelemahan)
  1. Malas: Mahasiswa banyak yang terjebak dalam kebiasaan buruk yang menghambat perkembangan mereka yaitu rasa malas pada mahasiswa.
  2. Copy paste: Budaya copy paste adalah salah satu kebiasaan yang mendarah daging yang akan teerbawa di saat mereka sudah terjun di masyarakat luas.
  3. Tidak percaya diri: Jatuhnya rasa kepercayaan pada potensi dan kemampuan mahasiswa adalah akibat dari rasa malas mereka.
  4. Kurangnya kritisi: Mahasiswa yang dahulu terkenal dengan kritisinya sekarang sudah mulai pudar karena budaya copy paste yang membuat mereka hanya ikut-ikutan saja.



2.3  Oppurtinity (Peluang)
  1. Teknologi: Perkembangan teknologi memberikan kesempatan mahasiswa menciptakan dan menggunakan teknologi untuk peningkatan taraf hidup di masyarakat.
  2. Terdidik dan terpelajar: Mahasiswa merupakan sumberdaya manusia yang terdidik dan terpelajar.
  3. Aspirasi masyarakat: Mahasiswa mampu menyuarakan aspirasi masyarakat sehingga terciptalah perubahan di masyarakat dan bangsa.
  4. Generasi penerus: Mahasiwa sebagai generasi penerus bangsa yang kreatif, produktif, dan berprestasi dalam cerminan bangsa dan dunia.



2.4  Threats (Hambatan)
  1. Kurangnya fasilitas: Masih belum meratanya pendidikan di dunia perkuliahan diantaranya kurangnya fasilitas sarana dan prasarana.
  2. Keterbaasan ekonomi: karena keterbatasan ekonomi masyarakat banyak mahasiswa yang putus kuliah.
  3. Kurangnya sumber daya manusia yang berpotensi: karena kemudahan duniawi membuat orang berpuas diri yang mengakibatkan kurangnya sumber daya manusia yang berpotensi untuk maju.
  4. Kurang percaya diri: kurangnya percaya diri dengan potensi dan kemampuan berfikir yang menghambat pada mahasiswa untuk maju.



BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
3.1    Kesimpulan
  1. Memberantas kebodohan: Mahasiswa turut serta memberantas kebodohan di masyarakat.
  2. Kurangnya kritisi: Mahasiswa yang dahulu terkenal dengan kritisinya sekarang sudah mulai pudar         karena budaya copy paste yang membuat mereka hanya ikut-ikutan saja.
  3. Teknologi: Perkembangan teknologi memberikan kesempatan mahasiswa menciptakan dan                 menggunakan teknologi untuk peningkatan taraf hidup di masyarakat.
  4. Kurangnya fasilitas: Masih belum meratanya pendidikan di dunia perkuliahan diantaranya kurangnya     fasilitas sarana dan prasarana.


3.2    Rekomendasi
  1. Makin tingginya angka kebodohan harus membuat para mahasiswa prihatin dan menggetarkan mereka untuk membantu memberantas kebodohan di masyarakat.
  2. Menurunya kritisi para mahasiswa harus ditingkatkan dengan menghilangkan budaya copy paste dan memunculkan kreatifitas dari diri sendiri.
  3. Teknologi yang terus berkembang harus digunakan para mahasiswa untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  4. Pemerintah harus melakukan pemerataan didunia pendidikan khususnya dunia perkuliahan karena pemahaman sosial masyarakat tercermin dari mahasiswa.



REFERENSI
1.      http://www.pustakaskripsi.com/tema-skripsi/perilaku-mahasiswa
2.      http://suarakampus.com/?mod=opini&se=detil&id=46
3.      http://books.google.co.id/books?id=Xz8bAAAAIAAJ&q=Mahasiswa+turut+serta+memberantas+kebodohan+di+masyarakat.&dq=Mahasiswa+turut+serta+memberantas+kebodohan+di+masyarakat.&hl=id&sa=X&ei=CcvQUpupEPGXiQedmoCoCQ&redir_esc=y
4.      http://books.google.co.id/books?id=f11HYAAACAAJ&dq=perilaku+mahasiswa&hl=id&sa=X&ei=-8vQUtOoFqS5iQf0iYHgCQ&redir_esc=y



Tidak ada komentar:

Posting Komentar